Education Model Kami
Kami menyusun education model yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa.
Profil Siswa
Sekolah Auliya berkomitmen untuk membentuk individu yang holistik, siap menyongsong perubahan dunia. Dalam setiap profil siswa kami, tercermin kualitas dan keterampilan berharga, yang tak hanya mendorong prestasi akademik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islam dan Quran yang mendalam. Kami percaya bahwa setiap siswa adalah cahaya harapan, memiliki potensi untuk memberi kontribusi berarti bagi masyarakat, membawa perubahan positif di sekitarnya.
Mempersiapkan pendidikan berkelanjutan dan tantangan hidup di masa depan, penting untuk mengembangkan kompetensi utama, yakni literasi, numerasi, pemahaman ilmiah, dan kesadaran sosial.
Membangun kompetensi agama, sebagai fondasi pribadi agar kokoh dalam menghadapi kehidupan yang bergejolak, tidak pasti, kompleks, dan ambigu sebagai konsekuensi tantangan dunia yang terus berubah.
Membangun kompetensi siswa agar siap menghadapi tantangan dunia yang dinamis dan kompleks, dalam arus globalisasi dan revolusi digital yang terus melaju, menciptakan generasi yang cerdas dan berwawasan luas.
Pembelajaran aktif yang melatih pemikiran kritis dan kreatif, memberi siswa ruang untuk menemukan solusi inovatif. Penilaian yang tepat dan standar kualitas tinggi memperkuat keterampilan komunikasi dan kolaborasi.
Kompetensi yang Relevan
Keterampilan dan pengetahuan penting yang membekali siswa untuk bernavigasi dan unggul dalam dunia yang terus berubah.
Mengembangkan kompetensi, menjadi hal penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi pendidikan tinggi dan tantangan dunia nyata, termasuk di dalamya yakni literasi, numerasi, pemahaman ilmiah, serta kesadaran sosial.
Kompetensi ini membantu individu menjalankan ajaran Islam secara bermakna dan bertanggung jawab, mendorong pertumbuhan pribadi dan kesejahteraan masyarakat. Kompetensi tersebut meliputi keyakinan dan ibadah dalam Islam, serta pemahaman Al-Quran, dan akhlak mulia.
Untuk berkembang mengikuti dunia yang terus berkembang secara pesat yang dibentuk oleh globalisasi dan transformasi digital, individu memerlukan kompetensi seperti kesadaran global, kemahiran berbahasa, literasi digital, pemikiran komputasional, dan keterampilan pemecahan masalah.
Bagaimana cara kita mencapainya?
MSC Relevant Curriculum of Sekolah Auliya
Singkatan dari Merdeka, Saleh, dan Cambridge (MSC), kurikulum gabungan ini memiliki karakteristik yang luar biasa. Kurikulum ini memadukan tiga kurikulum berbeda untuk memberikan program pembelajaran yang disesuaikan, yang bertujuan untuk mengembangkan profil siswa secara menyeluruh.
Kurikulum Merdeka yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan untuk membentuk kompetensi inti. Kurikulum ini memastikan bahwa pembelajaran berpusat pada area yang paling penting untuk dapat mengembangkan kompetensi dan karakter siswa.
Memiliki pengalaman 30 tahun dalam pendidikan berlandaskan Islam terpadu, Kurikulum Saleh di Sekolah Auliya bertujuan untuk mengembangkan kompetensi keagamaan. Kurikulum ini memadukan ajaran. agama Islam dengan praktik pendidikan modern, memastikan bahwa siswa tumbuh menjadi individu yang utuh dan berlandaskan pada iman dan taqwa.
Sekolah Auliya mengimplementasikan Kurikulum Internasional Cambridge untuk mengembangkan kompetensi menghadapi dunia yang terus berubah. Cambridge, dengan pengalaman luas dan pengakuan internasional dalam pendidikan bahasa Inggris, menyediakan pendidikan literasi digital dan teknologi yang canggih dan terkini. Kurikulum Cambridge juga mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, penelitian mandiri, kolaborasi, dan penyampaian argumen.
Program bilingual di Sekolah Auliya membenamkan siswa dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tujuannya adalah memastikan siswa menjadi mahir dalam kedua bahasa, dengan fokus khusus pada Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Berbeda dengan pendidikan tradisional di mana bahasa kedua diajarkan sebagai mata pelajaran terpisah, pendekatan kami mengintegrasikan kedua bahasa ke dalam pembelajaran sehari-hari.
Optimisasi Pembelajaran Berbasis AI untuk Mengembangkan Keterampilan Digital Siswa di Luar Mata Pelajaran Literasi Digital dan Komputasi/Ilmu Komputer
Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, kami memastikan setiap siswa mendapatkan dukungan yang disesuaikan, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Learning Programms
Intra-Curricular
Intra-Curricular mencakup kurikulum inti seperti Merdeka, Saleh, dan Cambridge, yang menjadi dasar bagi pengembangan akademis siswa. Kurikulum ini disusun untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan penting yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan.
Co-Curricular
Kegiatan Co-curricular melengkapi pembelajaran intrakurikuler dengan meningkatkan keterampilan praktis dan sosial. Kegiatan ini memberikan dukungan tambahan yang memperdalam keterlibatan siswa dengan mata pelajaran inti dan membantu mengembangkan keterampilan hidup.
Extra-curricular
Kegiatan Extra-curricular difokuskan pada pengembangan minat dan bakat siswa di luar kurikulum formal, termasuk di bidang seni, olahraga, dan klub minat khusus. Kegiatan ini mendorong siswa untuk mengeksplorasi potensi mereka dan membangun rasa percaya diri.
Assessment
Sumatif
Penilaian sumatif dirancang dengan cermat untuk mengevaluasi pembelajaran dan pencapaian siswa dari waktu ke waktu. Penilaian ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik siswa memahami materi dan kesiapan mereka menghadapi tantangan akademis di masa mendatang.
Formatif
Metode formatif dirancang untuk memantau dan meningkatkan kemampuan siswa, sekaligus memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan keperluan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
Teaching & Learning
HOTS (High Order Thinking Skill)
HOTS melibatkan proses kognitif tingkat lanjut yang melampaui sekadar menghafal. Dengan mengembangkan HOTS, kami membantu siswa terlibat lebih dalam dalam pembelajaran mereka, meningkatkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas mereka baik dalam literasi maupun numerasi.
SAL (Student Active Learning)
Pembelajaran yang aktif dapat menghubungkan ide-ide baru dengan apa yang telah mereka ketahui. Sehingga menciptakan suasana belajar yang interaktif antara guru dan siswa.
Standar Internasional
Di Sekolah Auliya, kami berusaha untuk mendidik generasi yang siap menghadapi dunia yang terus berkembang. Berikut adalah lima cara utama untuk mencapainya
Sekolah Auliya memiliki visi dan misi yang didukung dengan nilai-nilai pendidikan, lingkungan yang aman dan inklusif, merayakan keberagaman, sehingga dapat mencapai profil siswa yang diinginkan.
Kepemimpinan di Sekolah Auliya dillengkapi dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan, secara konsisten menyelaraskan tindakannya dengan nilai dan filosofi sekolah.
Staf pengajar yang selaras dengan misi sekolah, juga ingin menciptakan dan mengelola lingkungan belajar yang positif, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang program mereka dan pembelajaran siswa.
Siswa di sekolah tersebut menunjukkan perilaku dan sikap yang sejalan dengan misi dan nilai-nilai sekolah, terlibat aktif dalam studi dengan memiliki kecintaan pada pembelajaran, ingin mengembangkan diri, dan menumbuhkan pemahaman Islam dan Al-Quran yang tepat.
Orang tua dan orang-orang sekitar siswa didorong dan didukung untuk menjadi mitra bersama dalam pembelajaran dan perkembangan anak-anak, serta memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada visi dan misi sekolah.